Kamis, 20 November 2014

Manfaat Manajeman Bagi Organisasi

  • Apa manfaat manajemen bagi organisasi ?

Manfaat manajemen bagi organisasi yaitu  untuk mencapai keteraturan, kelancaran, dan kesinambungan usaha  sesuai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, untuk mencapai efisiensi, yaitu suatu perbandingan terbaik antara input dan output. Juga agar suatu organisasi dapat mengendalikan lingkungan sebagai pertimbangan untuk memilih sasaran yang tepat. Sebab didalam organisasi membutuhkan banyak ketrampilan, kemampuan, dan sikap yang akan membuat organisasi tersebut terus berkembang dengan inovatif, kreatif, menguntungkan, kompetitif, dan berorientasi global.

  • Mengapa suatu organisasi perlu memahami lingkungan organisasinya ?

Suatu organisasi perlu memahami lingkungan organisasinya karena organisasi perlu memberikan respon terhadap lingkungan organisasinya, bagaimana menangani masalah masalah sosial, kebijaksanaan kebijaksanaan  organisasi dan nilai nilai sosial pada periode waktu tertentu. Juga untuk mengetahui suasana politik di lingkungan organisasi agar mengurangi resiko ketidakpastian.  Karena  lingkungan yang statis menciptakan ketidakpastian lebih sedikit dibandingkan lingkungan yang dinamis, oleh karena itu organisasi harus mencoba meminimalkan dengan mengelola dampak lingkungan  sebaik baiknya. Karena lingkungan yang tidak dinamis merupakan ancaman keefektifan bagi organisasi.

  • Jika suatu oganisasi hanya melaksanakan proses departementalisasi dan pembagian kerja, tetapi tidak melaksanakan koordinasi, bagaimanakah dampaknya terhadap organisasi tersebut ?

Jika suatu organisai hanya melaksanakan proses departementalisasi dan pembagian kerja, tetapi tidak melaksanakan koordinasi maka dampaknya terhadap organisasi adalah jika terjadi ketidakselarasan antara departemen-departemen yang menimbulkan permasalahan dan konflik sehingga sasaran dan tujuan organisasi tidak tercapai., maka tanpa koordinasi, individu-individu dan department-departement akan kehilangan pegangan atas peranan mereka dalam organisasi. Oleh karena itu koordinasi dalam organisasi sangat lah penting untuk menyelaraskan komitmen untuk mencapai tujuan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar