Rabu, 19 November 2014

Dasar Dasar Etika Perusahaan

Dasar dasar etika perusahaan
1. Etika Manajemen
Istilah etika umumnya merujuk pada aturan-aturan atau prinsip-prinsip yang merumuskan perilaku benar atau salah.  Bagi seorang manajer, ada tolok ukur yang dipakai yang disebut etika manajerial, yaitu untuk meninjau etis atau tidak etisnya keputusan yang diambil manajer.
Menurut Zimmerer (1996) dalam Dadang dan Sylvana (2007), ada 3 tingkatan etika :
  1. Hukum
  2. Kebaikan dan prosedur organisasi
  3. Sikap moral dan mental individu.


Etika bisnis lebih ditujukan untuk membangun kepercayaan masyarakat untuk keberhasilan dalam jangka panjang.
Kerangka kerja etika meliputi :
  1. Mengakui berbagai dimensi etika yang ada
  2. Mengidentifikasi stake holder yang terlibat
  3. Mengambil alternatif yang tersedia
  4. Mengimplementasikan pilihan yang konsisten.


Prinsip etika dan perilaku bisnis :
  1. Kejujuran
  2. Integritas
  3. Memelihara janji
  4. Kesetiaan
  5. Keadilan
  6. Suka membantu orang lain
  7. Hormat kepada orang lain
  8. Tanggungjawab sebagai warga negara
  9. Meraih keunggulan
  10. Akuntabilitas.


Kiat mempertahankan standar etika perusahaan 
  1. Ciptakan kepercayaan perusahaan
  2. Kembangkan dan laksanakan kode etik bisnis
  3. Berikan perlindungan hak individu
  4. Berikan pelatihan tentang etika
  5. Lakukan audit pelaksanaan etika.


2. Tanggungjawab sosial perusahaan.
Perusahaan disamping mencari laba, juga tidak dapat melepaskan diri dari tanggungjawabnya terhadap masyarakat atau disebut tanggungjawab sosial.  Tanggung jawab sosial pada dasarnya adalah merujuk pada usaha perusahaan untuk mengejar sasaran-sasaran jangka panjang yang baik bagi perusahaan.
Jenis tanggungjawab sosial perusahaan :
a.Tanggungjawab terhadap lingkungan.
  • Melestarikan lingkungan
b. Tanggungjawab terhadap karyawan :

  • Mendengarkan karyawan
  • Menghormati pendapat karyawan
  • Meminta masukan pendapat atau ide
  • Memberi umpan balik
  • Memberikan kepercayaan kepada seluruh karyawan
  • Memberikan peluang selebar-lebarnya kepada mereka
  • Memberikan imbalan yang setimpal kepada setiap karyawan
  • Memberikan kepercayaan kepada karyawan dalam melakukan pekerjaannya
c. Tanggungjawab terhadap pelanggan

  • Memperoleh produk yang aman untuk dikonsumsi
  • Memperoleh informasi tentang aspek produk
  • Mendengar dan didengar
  • Memilih apa yang akan mereka beli
  • Mengetahui secara pasti barang dan jasa yang mereka beli
  • Mengetahui cara menggunakan dan memelihara produk yang dibeli
  • Memilih produk yang ada di pasar sesuai persaingan sehat
d. Tanggungjawab terhadap investor.

  • Mempertanggungjawabkan pengembalian investasi kepada investor dan memaksimalkan laba.
e. Tanggungjawab terhadap masyarakat.

  • Memberikan lapangan pekerjaan seluas-luasnya
Ada 2 pandangan yang berbeda yaitu :

  1. Pandangan klasik.: Tanggungjawab manajemen adalah menghasilkan laba.
  2. Pandangan sosial ekonomi ; Tanggungjawab manajemen adalah menghasilkan laba dan melindungi dan mensejahterakan masyarakat.
Unsur-unsur untuk menyusun pedoman perilaku dan kebijakan untuk perusahaan yaitu :

  1. Kejujuran
  2. Persaingan : pasar bebas
  3. Kerahasiaan dan informasi
  4. Pengendalian gosip
  5. Saling menghormati
  6. Anti diskriminasi
  7. Tidak kerja paksa
  8.  Pekerja anak-anak dilindungi
  9. Upah dan tunjangan sesuai hukum
  10. Bebas dari penganiayaan tanpa intimidasi
  11. Produk yang aman dan sehat, berkualitas
  12. Lingkungan kerja yang sehat dan aman
  13. Lingkungan sekitar sumberdaya perusahaan : mengelola usaha dengan cara yang bisa dipertanggungjawabkan
  14. Lingkungan perusahaan : ,menjaga kebersihan lingkungan, tidak berpolusi
  15. Asas kepatuhan : prinsip-prinsip keterbukaan penuh dengan aturan kerahasiaan bisnis standar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar