Kata produk berasal dari bahasa Inggris "product" yang berarti sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun yang diproduksi (anything produced). Namun sejak 1695, definisi kata products lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi (thing or things produced).Produk dalam pengertian ekonomi pertama kali diperkenalkan oleh Adam Smith.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi produk:
- MULYADI
Pada dasarnya produk merupakan satu ikat jasa yang disediakan untuk memuaskan kebutuhan customer
- HERMAWAN KERTAJAYA
Produk adalah kreasi bersama antara perusahaan dan konsumennya
- LUTFI ZEIN
Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan
- SUGENG WIDODO
Produk adalah apa pun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan
- MC. CARTY
Produk merupakan suatu tawaran dari sebuah perusahaan yang memuaskan atau memenuhi kebutuhan
- KOTLER
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dibeli, digunakan maupun dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau kemauan
- KOTLER
Produk itu mencakup barang fisik, orang, tempat, organisasi, dan ide-ide
- MARC GOBE
Produk adalah jasa, dan jasa adalah produk
- M. FUAD
Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
#Menurut Simamora dalam Sinta (2004),
Produk baru merupakan barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dari yang telah dipasarkan sebelumnya oleh perusahaan
Hal hal yang dilakukan perusahaan untuk pengembangan produk baru
1. Organizational Development:
Melakukan koordinasi antar personil untuk meningkatkan integrasi antar personil dan
knowledge
serta
skill
personil. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai metoda, diantaranya :
- Action Research:
Langkah progresif untuk memecahkan masalah yang terjadi.
- Collaborative Methods:
Melakukan kolaborasi dalam memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.
- Knowledge Management:
Aktivitas untuk meningkatkan performance, competitiveadvantage, innovation
dan
development process.
- Team Building:
Semua aktivitas dilakukan untuk meningkatkan
self-assessment
dan performance dari setiap person
- Training & Development:
Semua aktivitas yang dimaksudkan untuk meningkatkan performance, skill dan
knowledge.
2. Mengadakan kerjasama: Kerjasama dilakukan dengan institusi institusi berskalanasional dan internasional.
3. Mengefisienkan setiap proses yang dilakukan.
4. Menjalin hubungan baik dengan
supplier supplier.
5. Menggalakkan kolaborasi dengan industri industri lain
Selain itu beberapa hal yang diperlukan dalam proses pengembangan produk baru, diantaranya adalah :
a. Idea generation
Idea generation atau pemunculan gagasan ini merupakan tahap awal dalam pengambangan produk baru. Idea atau ide itu sendiri merupakan sumber utama hingga akhirnya bisa menciptakan hasil yang maksimal. Melalui ide gagasan bagus yang dikeluarkan, maka produk yang dikembangkan juga akan menjadi produk yang istimewa.
b. Idea screening
Sebelum idea generation diwujudkan, proses idea screening sangat diperlukan. Proses ini merupakan tahap yang untuk penyaringan gagasan. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mempertimbangkan apakah ide tersebut layak dan memiliki prospek yang bagus, mengingat pengembangan produk baru perupakan tahap penting untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
c. Concept developing and testing
Ide yang telah dianggap layak tadi akhirnya dikembangkan menjadi beberapa alternatif konsep untuk produk yang dimaksud. Dalam hal ini diperlukan konsep yang berbeda pada gagasan produk dan juga dan juga citra produk. Suatu gagasan produk yang dimaksud adalah gagasan produk yang dipilih dan memungkinkan produk tersebut bisa dipasarkan dengan baik. Hal-hal tersebut pastinya bukan hal yang bisa dianggap sepele karena dengan produk yang berkualitas akan membantu memudahkan penjualan produk itu sendiri.
d.Business analysis
Setelah ditentukan konsep produk dan juga strategi pemasaran, maka tahap selanjutnya yang harus dilaksanakan oleh perusahaan adalah analisis usaha. Dalam hal ini yang diperlukan adalah hal-hal yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, diataranya dalam hal penjualan, biaya produksi, laba, dan lain sebagainya.
e. Product development
Pengembangan produk ini perlu dilakukan untuk pengembangan produk baru dengan tujuan untuk mengembangkan konsep menjadi produk yang berupa fisik. Dalam hal ini diperlukan beberapa versi bentuk fisik untuk mendapatkan sebuah prototype yang sesuai dengan konsep produk dan biaya yang telah dianggarkan oleh perusahaan.
f. Pengujian pasar (market testing)
Pengujian pasar ini merupakan tahapan yang tidak kalah penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara langsung. Dengan demikian, perusahaan akan langsung mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk yang diperkenalkan. Selain itu perusahaan juga akan lebih memahami sejauh mana produk tersebut bisa dipasarkan.
g. Komersialisasi
Tahap ini menyangkut perencanaan dan juga pelaksanaan strategi mengenai produk baru. Dalam tahap ini perusahaan harus benar benar memperhatikan mengenai strategi penjualan, dimana produk bisa dipasarkan, siapa pangsa pasarnya, bagaimana laba penjualannya dan lain-lain.
Beberapa proses tersebut merupakan tahapan yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan produk baru, agar produk yang dihasilkan benar-benar menjadi produk yang mampu membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar