Selasa, 11 Maret 2014

Lingkungan Organisasi

Lingkungan Organisasi 


Definisi lingkungan biasanya dikaitkan dengan faktor di luar organisasi itu sendiri
Definisi paling populer mengidentifikasi lingkungan sebagai segala sesuatu yang berada di luar batas organisasi  

Lingkungan Organisasi
Secara umum lingkungan organisasi dapat diartikan sebagai  sesuatu yang tidak terhingga (infinite) dan mencakup seluruh elemen yang terdapat diluar organisasi. Untuk keperluan analisis, lingkungan diartikan sebagai seluruh elemen yang terdapat diluar batas-batas organisasi yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi sebagian atau keseluruhan organisasi.

Tujuan Mempelajari Lingkungan Organisasi
Mempelajari lingkungan usaha sangat penting. Berikut ini akan dibahas mengenai lingkungan eksternal; lingkungan internal ; dan hubungan organisasi dengan lingkungan dan kaitannya dengan lingkungan global. 

Lingkungan dapat dikelompokkan dalam lingkungan eksternal dan lingkungan internal. 
Lingkungan eksternal dapat dikelompokkan menjadi elemen aksi langsung dan elemen aksi tidak langsung.

Selain pengelompokkan berdasarkan lingkungan eksternal dan lingkungan internal, ada juga yang membagi elemen lingkungan ke dalam lingkungan umum dan lingkungan khusus.
Lingkungan perusahaan dapat dilihat dengan cara membedakan lingkungan yang obyektif/aktual dan lingkungan yang dipersepsikan

Pengaruh lingkungan terhadap organisasi dapat dianalisis melalui dua dimensi, yaitu dimensi kompleksitas  dan dimensi stabilitas.
Kompleksitas menunjukkan keragaman atau banyaknya elemen eksternal yang berpengaruh terhadap berfungsinya suatu organisasi. Stabilitas lingkungan menunjukkan kerepotan perubahan yang terjadi pada elemen-elemen lingkungan 

Tekstur lingkungan ; The Causal Texture of Environment 
“ Tanggapan organisasi terhadap pengaruh perubahan lingkungan bisa dalam berbagai bentuk. Ada yang beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, namun ada pula yang berusaha yang berusaha mengendalikan lingkungan yang dihadapinya “

Terdapat dua strategi yang dapat ditempuh organisasi dalam mengendalikan perubahan lingkungan yaitu:

• Menciptakan hubungan yang baik antara organisasi dengan elemen-elemen utama yang mempengaruhinya,

• Mengendalikan lingkungan agar tidak berbahaya dan dapat menguntungkan organisasi.

Dalam proses globalisasi, lingkungan bisnis Internasional terdiri dari :
• Lingkungan Ekonomi
• Lingkungan Hukum dan Politik
• Lingkungan Sosial Budaya

Selanjutnya
1.  Apakah Manfaat Manajemen Bagi Organisasi ?

Manfaat manajemen bagi organisasi yaitu  untuk mencapai keteraturan, kelancaran, dan kesinambungan usaha  sesuai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, untuk mencapai efisiensi, yaitu suatu perbandingan terbaik antara input dan output. Juga agar suatu organisasi dapat mengendalikan lingkungan sebagai pertimbangan untuk memilih sasaran yang tepat. Sebab didalam organisasi membutuhkan banyak ketrampilan, kemampuan, dan sikap yang akan membuat organisasi tersebut terus berkembang dengan inovatif, kreatif, menguntungkan, kompetitif, dan berorientasi global.

2. Mengapa suatu organisasi perlu memahami lingkungan organisasinya ?

Suatu organisasi perlu memahami lingkungan organisasinya karena organisasi perlu memberikan respon terhadap lingkungan organisasinya, bagaimana menangani masalah masalah sosial, kebijaksanaan kebijaksanaan  organisasi dan nilai nilai sosial pada periode waktu tertentu. Juga untuk mengetahui suasana politik di lingkungan organisasi agar mengurangi resiko ketidakpastian.  Karena  lingkungan yang statis menciptakan ketidakpastian lebih sedikit dibandingkan lingkungan yang dinamis, oleh karena itu organisasi harus mencoba meminimalkan dengan mengelola dampak lingkungan  sebaik baiknya. Karena lingkungan yang tidak dinamis merupakan ancaman keefektifan bagi organisasi.

3. Jika suatu oganisasi hanya melaksanakan proses departementalisasi dan pembagian kerja, tetapi tidak melaksanakan koordinasi, bagaimanakah dampaknya terhadap organisasi ? 

Jika suatu organisai hanya melaksanakan proses departementalisasi dan pembagian kerja, tetapi tidak melaksanakan koordinasi maka dampaknya terhadap organisasi adalah jika terjadi ketidakselarasan antara departemen-departemen yang menimbulkan permasalahan dan konflik sehingga sasaran dan tujuan organisasi tidak tercapai., maka tanpa koordinasi, individu-individu dan department-departement akan kehilangan pegangan atas peranan mereka dalam organisasi. Oleh karena itu koordinasi dalam organisasi sangat lah penting untuk menyelaraskan komitmen dalam mencapai tujuan organisasi.

1 komentar: