Jumat, 02 Mei 2014

Lingkungan Bisnis

Lingkungan bisnis dapat dibedakan  menjadi 2 yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal
A.    Lingkungan Internal
Lingkungan Internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja bisbis secara langsung. Lingkungan ini terdiri atas ;
1.      Karyawan (tenaga kerja / sumber daya manusia)
2.      Manajemen (keahlian pengelola)
3.      Pemegang saham (stakeholders)
4.      Modal dan peralatan fisik (dana, mesin, gedung)
5.      Informasi
                                                                                                  
B.     Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen yaitu :

1.      Lingkungan Khusus
                        Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian unsur organisasi. Lingkungan khusus meliputi orang orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder), seperti konsumen, pemasok, pesaing dan kreditor.

Konsumen atau pelanggan merupakan kelompok potensial yang mengkonsumsi output atau barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan atau organisasi bisnis dan juga lembaga pemerintahan maupun organisai nonprofit lainnya
Pemasok yaitu perusahaaan atau individu yang menyediakan faktor faktor produksi , pasokan meliputi bahan baku/material, peralatan, input keuangan dan tenaga kerja
Pesaing meliputi semua tawaran pesaing yang nyata maupun potensialserta subtitusi yang dipertimbangkan oleh pembeli
Kreditor yaitu kelompok kepentingan tertentuyang mempengaruhi kegiatan organisasi secara finansial (institusi keuangan ataupun individu yang memberikan pinjaman dana.

2.      Lingkungan Umum
Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain ;
a. Kondisi Ekonomi meliputi inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan nasional, keadaan neraca pembayaran, kondisi pasar saham serta fluktuasi kurs valuta asing dan suku bunga.
b. Kondisi Politik dan Hukum yakni terdapatnya kestabilan politik dan kebijaksanaan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan suasana kondusif untuk mengembangkan aktivitas organisasi bisnis diberbagai bidang.
c. Kondisi Sosial Budaya yaitu para manajer perlu memperhatikan adanya perubahan sosial budaya masyarakat khususnya pola dan tren pasar yang ditunjuk.
d. Kondisi Demografi mencakup kebiasaan yang beraku dalam karakteristi    k fisik dari populasi seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lokasi geografis, pendapatan, konsumsi keluarga.
e. Teknologi merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling cepat mengalami perubahan.
f. Globalisasi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar